Minggu, 07 Juli 2013

Makalah HCI


Interaksi manusia dan komputer (HCI) merupakan studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas, bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas, serta bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat. Interaksi antara user dan komputer terjadi pada user interface (atau hanya antarmuka), yang meliputi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Misalnya karakter atau objek yang ditampilkan oleh suatu software pada monitor komputer. Bisa juga contoh lainnya seperti masukan yang diterima dari user melalui hardware seperti keyboard dan mouse.
Itu merupakan definisi dan contoh dari interaksi manusia dan komputer (HCI). Untuk mengetahui tentang interaksi manusia dan komputer secara lebih dalam, otomatis kita perlu tahu terlebih dahulu sejarah dari interaksi manusia dan komputer itu sendiri.

Berikut penjelasan tentang sejarah interaksi manusia dan komputer :

Ø  Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an. Mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Itu disebabkan karena komputer pada jaman ini sangat mahal dan ukurannya pun sangat besar, dan biasanya hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan/ahli-ahli teknik.
Ø   Personal Computer (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an. Pada tahun ini, perkembangan penggunaan teknologi ini sangat cepat dalam berbagai aspek seperti pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya. Kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistemnya. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan para user, maksudnya sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan user atau sistem yang dirancang harus berorientasi kepada user. Pada awal tahun ini juga, muncul isu tentang teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia dan Mesin.
Ø  Para peneliti/ilmuwan akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada user, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan user ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia dan komputer yang lebih baik. Maka, pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan Komputer.
Evolusi antarmuka (user interface) bisa dijabarkan sebagai berikut :
1.       Tahun 50-an, user interface pada level hardware untuk teknik (contoh : switch panel).
2.        Tahun 60 sampai 70-an, pada level pemrograman (contoh : COBOL, FORTRAN).
3.       Tahun 80-an, pada level dialog interaksi (contoh : GUI, Multimedia).
4.       Tahun 90-an, pada level lingkungan kerja (contoh : System Network, Groupware).
5.      Tahun 00-an, berkembang dengan luas (contoh : mobile device, interactive screen).

*Download makalah disini

2 komentar:

  1. Follow & Visit Now

    Link : http://mas-salman.blogspot.com/

    Than'z

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung.. Join This Site kami juga ya disebelah kanan atas, terimakasih

      Hapus