Rabu, 03 Juli 2013

Laporan BDT Algoritma C4.5



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Di dalam kehidupan manusia sehari-hari, manusia selalu dihadapkan oleh berbagai macam masalah dari berbagai macam bidang. Masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia memiliki tingkatkesulitan dan kompleksitas yang sangat bervariasi, mulai dari masalah yang teramat sederhana dengan sedikit faktor-faktor yang terkait, sampai dengan masalah yang sangat rumit dengan banyak sekali faktor-faktor yang terkait dan perlu untuk diperhitungkan.Untuk menghadapi masalah-masalah ini, manusia mulai mengembangkan sebuah sistem yang dapat membantu manusia agar dapat dengan mudah mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
Kami menggunakan Algoritma C4.5 dalam pengolahan data mahasiswa STMIK Palangka Raya. Sedangkan untuk membuat pohon keputusannya kami menggunakan aplikasi WEKA  dengan algoritma J48. Adapun pohon keputusan ini adalah sebuah jawaban akan sebuah sistem yang harus di kembangkan untuk membantu mencari dan membuat keputusan dalam masalah-masalah tersebut dan dengan memperhitungkan berbagai macam faktor yang ada di dalam lingkup masalah tersebut. Dengan pohon keputusan, manusia dapat dengan mudah mengidentifikasi dan melihat hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi suatu masalah dan dapat mencari penyelesaian terbaik dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut.
Dalam pengolahan data ini kami mengklasifikasikan data mahasiswa STMIK Palangka Raya menjadi beberapa atribut yaitu nomor urut, jenis kelamin, jurusan, kelas, dan agama. Namun, nilai hasil yang akan kami kemukaan dalam analisis ini adalah membuat pohon keputusan mengenai mayoritas agamanya sehingga atribut agama dicantumkan sebagai atribut hasil.

B.     RUMUSAN MASALAH
Dalam analisis ini, masalah pokok yang akan kami ungkapkan adalah mengetahui agama apa yang menjadi mayoritas dalam lingkungan STMIK Palangka Raya berdasarkan data mahasiswa. Secara lebih khusus masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara menemukan mayoritas agama yang dimiliki oleh mahasiswa STMIK Palangka Raya dengan algoritma C4.5 berdasarkan atribut kelas, jurusan, jenis kelamin, dan nomor urut?
2.      Bagaimana cara membuat pohon keputusannya menggunakan algoritma J48 dan seperti apa tampilan pohonnya?

C.    TUJUAN DAN MANFAAT
Analisis ini bertujuan untuk:
1.      Mengetahui mayoritas agama di lingkungan STMIK Palangka Raya berdasarkan data mahasiswa.
2.      Memberikan tampilan desicion tress mayoritas agama mahasiswa STMIK Palangka Raya.

Manfaat dari analisis ini adalah:
1.      Memberi kemudahan dalam mengambil keputusan tentang mayoritas agama di STMIK Palangka Raya
2.      Hasil pemaparan analisis ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi rekan-rekan pembaca agar dapat memahami proses pengolahan pohon keputusan dengan algoritma C4.5



BAB II
LANDASAN TEORI

A.    POHON KEPUTUSAN (DECISION TRESS)
1.      Sejarah Pohon Keputusan
Di dalam kehidupan manusia sehari-hari, manusia selalu dihadapkan oleh berbagai macam masalah dari berbagai macam bidang. Masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia memiliki tingkat kesulitan dan kompleksitas yang sangat bervariasi, mulai dari masalah yang teramat sederhana dengan sedikit faktor-faktor yang terkait, sampai dengan masalah yang sangat rumit dengan banyak sekali faktor-faktor yang terkait dan perlu untuk diperhitungkan. Untuk menghadapi masalahmasalah ini, manusia mulai mengembangkan sebuah sistem yang dapat membantu manusia agar dapat dengan mudah mampu untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
Adapun pohon keputusan ini adalah sebuah jawaban akan sebuah sistem yang manusia kembangkan untuk membantu mencari dan membuat keputusan untuk masalah-masalah tersebut dan dengan memperhitungkan berbagai macam faktor yang ada di dalam lingkup masalah tersebut. Dengan pohon keputusan, manusia dapat dengan mudah mengidentifikasi dan melihat hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi suatu masalah dan dapat mencari penyelesaian terbaik dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut.
Pohon keputusan ini juga dapat menganalisa nilai resiko dan nilai suatu informasi yang terdapat dalam suatu alternatif pemecahan masalah. Peranan pohon keputusan sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan (decision support tool) telah dikembangkan oleh manusia sejak perkembangan teori pohon yang dilandaskan pada teori graf. Kegunaan pohon keputusan yang sangat banyak ini membuatnya telah dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai macam sistem pengambilan keputusan.

Selengkapnya download disini
Terimakasih ^^
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar